Sunday 4 October 2020

Catatan Pembuka Perjalanan Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Sukabumi

Halo good reader!

Setelah lama tidak mengunggah apapun, kali ini saya akan membagikan hasil foto saya disertai deskripsi dan catatan perjalanan selama menjelajahi Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Sukabumi. Selamat membaca!



Dok. Pribadi Lanskap Curug Sebelah Kiri Jalan Menuju Pantai Palangpang, 3 Oktober 2020

Foto ini adalah pembuka untuk catatan perjalanan saya selama di Ciletuh. Salah satu lanskap di sisi kiri jalan saat menuju Curug Cimarinjung dan Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Sukabumi. Saya menjadikan curug dan sungai ini sebagai penanda bahwa sebentar lagi akan memasuki Curug Cimarinjung lalu selanjutnya Pantai Palangpang.

Sebelum penasaran dan ingin berkunjung ke Geopark Ciletuh, mari kita kendorkan ekspektasi yang ada perihal air terjun di Ciletuh. Air terjun di Ciletuh sama seperti foto di atas, berwarna keruh (cokelat) kebanyakan. Sayangnya ada beberapa foto yang beredar di sosial media tentang curug di Ciletuh yang diedit jauh dari keaslian objeknya. Editing foto yang berlebih selain menghilangkan keaslian objek, bisa bikin seseorang berekspektasi lebih pada objek tersebut. Ya contoh Curug Sodong, Sukabumi yang airnya diedit menjadi biru dan jernih misal yang beberapa waktu lalu saya lihat dari suatu akun tidak resmi Geopark Ciletuh. Ini akan melambungkan sekaligus menghancurkan ekspektasi bagi yang melihatnya. 

Curug di Geopark Ciletuh Sukabumi terkenal dengan warnanya yang kebanyakan keruh (cokelat). Justru keaslian warnanya yang cokelat ini harus dimanfaatkan untuk menarik kunjungan wisatawan yang datang dengan ekspektasi seadanya dan tidak berlebih. Sehingga jika nanti kecewa, kekecewaan itu tidak akan berimbas pada hal lain misal pada objek wisata itu sendiri. Jadi sedikit catatan bagi yang mau ke Geopar Ciletuh jangan lupa pastikan bagaimana Ciletuh dengan segala penampakan alamnya yang ada agar hasrat untuk berkunjung adalah ketulusan untuk berlibur dan menikmati keindahan Ciletuh, dan jangan lupa buat rencana perjalanan sedemikian rupa, agar waktu lebiih efisien. Karena sungguh tidak cukup sehari untuk menjelajahi keindahan Ciletuh yang mempesona.


Salam!

No comments:

Post a Comment

Trip ke Pulau Kunti, Ciletuh Sukabumi

 "Wohooo" Begitulah reaksi kami ketika menumpangi kapal nelayan milik mas Bewok menyusuri keindahan laut teluk Ciletuh menuju Pula...