Thursday 3 December 2020

Pantai Palangpang Geopark Ciletuh

 Halo good reader!


Selesai menelusuri keindahan Curug Cimarinjung yang eksotis, saya melanjutkan perjalanan menuju Pantai Palangpang, pantai utama dari Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu yang membentuk cekungan atau tapal kuda. Selamat membaca!

Pantai Palangpang ditandai dengan gapura di sebelah kanan jalan. Setiap pengunjung dikenakan biaya per kendaraan, berhubung saya pakai motor, per motor dikenakan biaya Rp.5.000. Terdapat tulisan besar Geoparl Ciletuh di sini, tidak sedikit para pengunjung berswafoto dengan latar tulisan ini. Pantai Palangpang memiliki warna pasir yang gelap dengan perairan yang keruh. Dari Pantai Palangpang kita bisa melihat lanskap laut, air terjun Cimarinjung dan Cikanteh lalu perbukitan disertai tebing, beberapa pulau dan puluhan bagang setinggi empat meter yang menyala bak kunang-kunang saat malam tiba.



Dok. Pribadi Foto Lanskap Pantai Palangpang

Dok. Pribadi Foto Lanskap Teluk Ciletuh dan Pantai Palangpang dari Puncak Darma



Tatkala itu seseorang dengan bewok di wajahnya yang pada akhirnya kami panggil dengan sebutan mas Bewok menawarkan kami ke satu di antara beberapa pulau, yaitu Pulau Kunti. Konon katanya Pulau Kunti memiliki pasir pantai yang putih dan berbeda dengan pasir Pantai Palangpang yang keruh. Mas Bewok menawarkan ke Pulau Kunti menggunakan perahu dengan tarif per orang Rp.35.000. Tarif tersebut sudah berikut dengan fasilitas pelampung selama naik perahu dan listrik di warung. Ditambah lagi kami bebas kembali kapan saja dari Pulau Kunti, tinggal menghubungi nomor whatsapp mas Bewok atau sebelumnya kita sudah memberitahu mas Bewok kapan harus dijemput. 

Dok. Pribadi Foto Perahu


Mas Bewok juga menyediakan fasilitas lain seperti snorkeling maupun kemah. Untuk kemah biaya yang dikenakan sekitar Rp.50.000 per orang. Sedangkan snorkeling sekitar Rp.130.000 per orang.

Sedikit catatan, sebisa mungkin coba negosiasi harga terlebih jika berombongan, tapi jangan terlalu murah menawarnya, bagaimanapun juga mereka butuh uang untuk biaya bahan bakar hidup dan perahu.

Setelah ini saya akan menulis catatan dan cerita kembali selama di Pulau Kunti. Bagi yang membutuhkan kontak mas Bewok silakan tulis di kolom komentar.


Salam!



No comments:

Post a Comment

Trip ke Pulau Kunti, Ciletuh Sukabumi

 "Wohooo" Begitulah reaksi kami ketika menumpangi kapal nelayan milik mas Bewok menyusuri keindahan laut teluk Ciletuh menuju Pula...